Selasa, 17 November 2009

10 hewan klasik yang telah punah

1.
Spoiler for Tyrannosaurus(kalo ini pasti agan2 udh pada tau):

Tyrannosaurus Rex (punah 65 juta tahun yang lalu)
Tyrannosaurus rex adalah salah satu binatang carnivora terbesar. Binatang ini mempunyai panjang 43,3 kaki & tinggi 16,6 kaki, berbobot lebih kurang 7 ton.
Fosil daripada T rex ditemukan di daerah pegunungan Amerika Utara. Binatang ini diperkirakan hidup pada zaman Cretaceous yaitu sekitar 65 juta tahun yang lalu.
Lebih dari 30 specimen daripada T Rex telah di indentifikasi, beberapa bahkan mempunyai tulang2 yang lengkap.


2.
Spoiler for Quagga: half zebra, half horse:


Quagga: half zebra, half horse (extinct since 1883)
Salah satu binatang punah paling populer di Afrika, Quagga adalah sub species antara zebra dan kuda. Binatang ini diperkirakan hidup di daerah Afrika Selatan. Binatang ini mudah dibedakan dari zebra lainnya karena loreng2 tubuhnya hanya terdapat dibagian depan. Pada bagian tengah, garis2 tubuhnya mulai pudar dan semakin kebelakang semakin hilang.


3.
Spoiler for Thylacine: the Tasmanian Tiger:

Thylacine: the Tasmanian Tiger (extinct since 1936)
Thylacine adalah hewan carnivore terbesar di zaman modern . Hewan ini hanya dapat ditemukan di Australia & New Guinea, dan diperkirakan punah pada awal abad ke 20. Hewan ini biasa dikenal dengan nama Tasmanian Tiger, atau Serigala Tasmanian.
Binatang ini mulai punah dari dataran Australia ribuan tahun sebelum orang-orang Eropa menemukan benua Australia. Perburuan besar-besaran diyakini sebagai penyebab kepunahannya, tetapi ada juga teori yang mengatakan bahwa penyakit adalah penyebab kepunahannya.


4.
Spoiler for Steller's Sea Cow: the defenseless beast:

Steller's Sea Cow: the defenseless beast (extinct since 1768)
Binatang ini diperkirakan hidup di sekitar laut Bering Asiatic. Binatang ini ditemukan pada tahun 1741 oleh seorang pengembara yang sedang menjelajahi laut Bering.
Binatang ini dapat mencapai panjang 7,9 meter dan mempunyai berat tubuh 3 ton. Sekilas binatang ini mirip seperti anjing laut tetapi ia mempunyai 2 buah kaki depan yang kuat. Binatang ini hidup di air dan tidak pernah keluar ke daratan. Binatang ini tidak mempunyai gigi, tetapi hanya mempunyai 2 buah taring.


5.
Spoiler for Irish Deer: the largest deer that ever lived:

Irish Deer: the largest deer that ever lived (extinct about 7,700 years ago)
Rusa Irlandia ini adalah hewan terbesar yang pernah hidup. Hewan ini diperkirakan hidup diantara Irlandia sampai danau Baikal. Fosil terakhir yang ditemukan diperkirakan sekitar tahun 5.700 sebelum masehi atau 7.700 tahun yang lalu. Rusa raksasa ini terkenal karena tubuhnya yang besar yaitu tingginya sekitar 2,1 meter,


6.
Spoiler for Caspian Tiger: the third largest:

Caspian Tiger: the third largest (extinct since 1970)
Harimau Caspian ini dapat ditemukan di daerah Iran, Iraq, Afghanistan, Turkey, Mongolia, Kazakhstan, Caucasus, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Punah sekitar tahun 1970, binatang ini dikenal sebagai harimau terbesar ketiga di dunia.
Tubuh dari hewan ini terlihat pendek gemuk dan mempunyai kaki2 yang kuat & panjang.
Warna daripada hewan ini mirip dengan harimau Bengala. Harimau jantan mempunyai berat tubuh 169-240 kg sedangkan yang betina 85-135 kg.
Ada beberapa kesaksian bahwa harimau ini belum punah seluruhnya dan kadang-kadang masih terlihat.


7.
Spoiler for Aurochs: a very large type of cattle:

Aurochs: a very large type of cattle (extinct since 1627)
Salah satu hewan punah yang tersohor di benua Eropa adalah Auroch. Hewan ini berbentuk sapi yang sangat besar. Hewan ini diperkirakan berasal dari India sekitar 2 juta tahun yang lalu, lalu bermigrasi ke Timur Tengah, sebagian lagi ke Asia, dan sebagian lagi menuju Eropa sekitar 250.000 tahun yang lalu.


8.
Spoiler for Great Auk: largest of all auks:

Great Auk: largest of all auks (extinct since 1844)
Hewan ini merupakan sepecies dari burung penguin tetapi mempunyai tubuh lebih besar. Tingginya dapat mencapai 75 cm dan mempunyai berat 5 kg. Hewan ini dapat ditemukan di kepulauan
Canada Timur, Greenland, Iceland, Norwegia, Irlandia dan Inggris.


9.
Spoiler for Cave Lion: one of the largest lions ever:

Cave Lion: one of the largest lions ever (extinct 2,000 years ago)
Singa gua yang juga dikenal sebagai singa gua Eurasian, adalah subspecies yang telah punah sekitar 2000 tahun yang lalu. Tingginya diperkirakan sekitar 1,2 meter dan panjangnya 2,1 meter, dimana ukuran besarnya ini kurang lebih sama dengan singa modern saat ini.


10.
Spoiler for Dodo: the archetype of extinct species:

Dodo: the archetype of extinct species (extinct since late 17th century)
Dodo ((Raphus cucullatus) adalah sejenis burung yang tidak dapat terbang yang hidup di kepulauan Mauritius. Hewan ini termasuk dalam species burung dara , mempunyai tinggi sekitar 1 m. Hewan ini diperkirakan punah sekitar abad ke 17. Ia merupakan contoh yang sempurna untuk species yang punah karena kepunahannya terjadi bersamaan dengan sejarah keberadaan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar