Rabu, 18 November 2009

ke luar angkasa naik lift doank???

AW Corner
Sabtu, 11-Oktober-2008; 11:07:55 WIB
Naik Lift Untuk Wisata Ke Luar Angkasa
( 0 Komentar )
Oleh : Team Andriewongso.com

Save page as PDF

Impian orang banyak untuk berwisata keluar angkasa kini semakin mendekati kenyataan. Konon, ke depan bahkan kita bisa wisata ke luar angkasa hanya dengan naik lift. Seperti kisah novel fiksi The Fountain of Paradise karya Arthur C Clarke, kini khayalan berwisata ke luar angkasa dengan lift mungkin segera terwujud karena seluruh ahli luar angkasa dunia sedang berencana mengembangkan lift luar angkasa yang diberi nama "Space Elevator."

Pada November mendatang, dalam pertemuan yang digagas oleh Japan Space Elevator Association, para ilmuwan di seluruh dunia akan membahas pengembangan disain lift dengan ratusan hingga ribuan lantai. Nantinya lift tersebut akan menggunakan ribuan kilometer kabel untuk menghubungkan jarak bumi dan luar angkasa.

Agar alat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh turis, kecepatan dan posisi lift di orbit stasiun bumi akan disesuaikan dengan teori-teori fisika. "Space Elevator" juga diharapkan dapat mengurangi penggunaan tenaga nuklir. Saat ini Japan Space Elevator Association sudah bekerja sama dengan Space Foundation dan organisasi luar angkasa Eropa di Luxembourg dalam pengembangan disain lift.

Rencananya kabel yang berkekuatan 180 kali lebih kuat dari kabel yang terbuat dari kawat akan dapat terwujud pada tahun 2020 atau 2030. Lift tersebut pun kemudian akan diuji coba di Laut China Selatan dan kepulauan Galapagos di Samudra Pasifik.

Bagaimana nanti wujudnya? Kita tunggu saja...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar